MAN IC Bangka Tengah Gelar Wisuda Tahfidz dihadiri Wagub Babel

tahfidz

Bangka Tengah (08/04/2021) – MAN Insan Cendekia Bangka Tengah pertama kali menggelar wisuda tahfidz bagi seluruh siswa kelas XII. Tahfidz MAN Insan Cendekia Bangka Tengah ini bekerja sama dengan LPTQ Kabupaten Bangka Tengah sebagai Penguji sidang tahfidz dan memberikan sertifikat resmi bagi para peserta. Sebanyak 86 peserta yakni kelas XII MAN Insan Cendekia Bangka Tengah Tahun Pelajaran 2020/2021 mengikuti jalannya prosesi Wisuda Tahfidz itu kemarin pagi. Wisuda Tahfidz itu turut dihadiri Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Bapak Drs. H. Abdul Fatah, M.Si.

Menurut Musran, S.Ag., M.M. selaku Kepala madrasah saat dilakukan wisuda tahfidz dalam sambutanya menyampaikan bahwa menghafal Al-Qur’an minimal 3 Juz merupakan syarat wajib yang tertuang dalam buku pedoman penyelenggaraan MAN Insan Cendekia yg diterbitkan oleh Dirjen Pendidikan Islam kemenag RI. Pernah suatu kali beliau menyampaikan program tahfidz di madrasah ini kepada bapak Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, lalu mendapat respon positif bahkan Bapak Gubernur berpesan ke depan bukan hanya minimal 3 juz tetapi 5 juz dan seterusnya, imbuh Musran, S.Ag., M.M.

Disampaikan oleh Bapak Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam sambutan pada Wisuda Tahfidz itu menjelaskan bahwa adanya program Tahfidz ini menjadikan kekhususan bagi MAN IC Bangka Tengah. Hal ini penting karena setiap sekolah perlu memilih spesifikasi tersendiri yang membedakan sekolah lainnya. Dengan membentuk alumni penghafal Al Qur’an ini, kepada ybs sudah memiliki bekal dasar untuk memimpin umat, kehidupannya akan selalu ditemani malaikat, ia juga mampu memberikan syafa’at kepada orang tuanya, dan di akherat bagi orang tua akan diberikan mahkota cahaya krn memberikan kesempatan kepada putra putri nya untuk menjadi penghafal Al Qur’an, imbuh Drs. H. Abdul Fatah, M.Si. Tahun ini, pada angkatan ke-IV disebut Emtiyaz Generation pertama kali kerja sama dengan LPTQ Bangka Tengah dan berhasil menyelesaikan hafalan minimal 3 juz dilengkapi dengan sertifikat yang dikeluarkan secara resmi. Adapun penghafal terbanyak pada Tahfidz Alqur’an tahun ini adalah Hasna Lathifah dengan jumlah hafalan 10 juz terdiri dari Juz 1, 2,3, 4, 5, 26, 27, 28, 29, dan 30 dengan predikat Jayyid Jiddan. (Sep)